Dalam
dunia marketing, banyak sekali pengelompokan yang bisa dijalankan. Salah
satunya adalah Marketing Mix. Marketing Mix kadang juga disebut dengan bauran
pemasaran. Marketing Mix adalah marketing yang dilakukan dengan cara
bersama-sama atau dengan kata lain, strategi pemasaran yang dilakukan secara
bersama-sama dalam menerapkan beberapa elemen yang ada. Menurut beberapa
istilah, Marketing Mix adalah sekumpulan variabel marketing yang kesemuanya itu
dapat dikendalikan dan dapat digunakan untuk mengejar tingkat penjualan yang
telah ditargetkan.
Marketing Mix memiliki beberapa elemen yang dulu hanya berjumlah 4 yang dikenal dengan unsur 4P, namun kali ini unsur tersebut bertambah 3 dan membuat semuanya kini menjadi 7P. Unsur 7P itu terdiri dari:
Marketing Mix memiliki beberapa elemen yang dulu hanya berjumlah 4 yang dikenal dengan unsur 4P, namun kali ini unsur tersebut bertambah 3 dan membuat semuanya kini menjadi 7P. Unsur 7P itu terdiri dari:
1.
Marketing Mix Product
Marketing Mix product
dibagi menjadi dua jenis, yaitu produk berbentuk atau fisik nyata yang bisa
dilihat dan dipegang secara langsung, dan yang kedua adalah produk yang tidak
bisa dilihat atau tidak memiliki bentuk fisik namun bisa dirasakan, seperti
jasa.
2.
Marketing Mix Price
Strategi pemasaran yang
memakai harga yang sudah ditentukan untuk ditawarkan kepada konsumen, hal ini
untuk menentukan apakah konsumen akan sungguh sungguh membeli produk tersebut
atau tidak.
3.
Marketing Mix Place
Marketing Mix place
juga bisa kita sebut dengan distribusi. Maksudnya adalah bahwa seluruh
rangkaian kegiatan atau fungsi untuk memindahkan satu produk yang memiliki hak
milik mulai dari produsen ke pembeli atau pemakai produk.
4.
Marketing Mix Promotion
Yang diandalkan dari
Marketing Mix promotion ini adalah kecakapan Anda dalam berkomunikasi untuk
menyampaikan informasi produk atau jasa dari penjual kepada pembeli agar
strategi bisa berjalan dengan baik dan produk yang ditawarkan bisa dikenal luas
oleh konsumen.
5.
Marketing Mix Participant or
People
Maksud dari Marketing
Mix participant or people adalah mereka yang yang ikut terlibat atau berpartisipasi
dalam strategi pemasaran produk atau jasa yang sedang dijalankan.
6.
Marketing Mix Procces
Marketing Mix procces
adalah kegiatan marketing yang menunjukkan seperti apa proses pelayanan yang
kita berikan kepada konsumen saat melakukan pembelian produk atau jasa yang
ditawarkan.
7.
Marketing Mix Physical Evidence
Marketing Mix Physical
Evidence berarti suasana linkungan yang berkaitan dengan kondisi atau keadaan
yang ada.
Persaingan
pasar merupakan dunia yang terlihat mudah namun juga susah. Keberhasilan
menggunakan strategi Marketing Mix bukan hanya terletak pada 7 unsur di atas,
namun ada beberapa faktor penentu yang bisa menjadi pengukur keberhasilan
strategi tersebut. Di bawah ini akan kita ulas sedikit tentang faktor penentu
yang mempengaruhi hasil Marketing Mix dan efektifitasnya.
· Kualitas, kualitas adalah penentu
utama apakah produk yang kita tawarkan bisa diterima oleh pelanggan. Ada 5
unsur yang bisa menentukan apakah kualitas barang atau jasa kita tawarkan,
yakni sebuah assurance (jaminan), emphaty (empati), reliability (keadaan),
responsive (daya tanggap), tangible (bukti nyata).
· Harapan produk atau jasa, harapan
konsumen terhadap produk, apakah produk yang kita tawarkan sudah layak atau sesuai
dengan keinginan, kebutuhan, dan harapan atas barang atau jasa yang dibelinya.
Untuk memenuhi harapan konsumen, kita dapat melakukan survey pasar tentang apa
yang saat ini sedang dibutuhkan atau disukai oleh konsumen.
Sudah
disebutkan di atas bahwa persaingan pasar terlihat mudah, namun juga bisa
dikatakan sulit. Salah satu kunci yang bisa membuat kita bertahan pada
persaingan pasar adalah strategi yang bagus dan baik. Kita tidak perlu panik
saat produk atau jasa yang akan kita tawarkan belum siap atau belum selesai.
Sebaiknya kita tunda jadwal promosi sampai produk atau jasa kita selesai. Tidak
perlu khawatir akan kalah dalam persaingan pasar karena bukan mereka yang
meluncurkan produk terlebih dahulu yang akan menang.
Sudah
banyak yang melakukan penelitian Marketing Mix dan efektifitasnya apakah
berpengaruh besar terhadap daya beli konsumen. Dan dari beberapa penelitian itu
hasilnya tidak semua sama. Seperti penelitian yang dilakukan oleh Hendra
Saputra pada tahun 2008 dengan judul “Analisis Pengaruh Strategi Bauran
Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Teh Celup Sariwangi oleh Konsumen Rumah
Tangga di Kota Medan” memiliki hasil
penelitian yang menunjukkan bahwa produk dan saluran distribusi tidak mempunyai
pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan harga dan
promosi mempunyai pengaruh positif.
Selain
itu ada penelitian yang dilakukan oleh Satmoko dkk pada tahun 2005 dengan judul
“Analisis Efektifitas Marketing Mix Terhadap Tingkat Pembelian Kentucky Fried
Chicken (KFC) Di Kota Magelang” memiliki hasil penelitian yang menunjukkan
bahwa produk dan promosi tidak mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian,
harga dan saluran distribusi mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian.
Penelitian
yang dilakukan Abubakar pada tahun 2005 yang berjudul “Pengaruh Pelaksanaan
Bauran Pemasaran Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Pada Jamu Di
Banda Aceh” memiliki hasil berbeda yang menunjukkan bahwa produk, harga, dan
promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan tempat atau distribusi
tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
Dengan
berbagai penelitian dan segala unsur di atas menunjukkan bahwa Marketing Mix
merupakan metode marketing yang bisa dilakukan siapapun dengan produk apapun.
Dengan berbagai jenis strategi yang dijadikan satu membuat hasil yang dicapai
juga berbeda-beda. Untuk Anda yang ingin memulai bisnis dengan strategi
Marketing Mix, Anda juga harus memperhatikan beberapa unsur yang sudah
disebutkan di atas. Semoga bisnis Anda mudah memenangkan persaingan pasar dan
membuat bisnis Anda semakin berkembang. Selamat mencoba dan semoga sukses.
Terkait:
Advertisement