-->

Bulan Sabit Di Area Kuku Tangan Anda Menunjukan Kondisi Kesehatan Tubuh Anda

Sudah pasti tahu area berbentuk mirip bulan sabit yang ada di area kuku tangan anda bentuk yang mirip bulan sabit tersebut dapat menunjukkan kondisi kesehatan seseorang.Bulan sabit yang ada di area kuku tangan anda disebut juga lunula kalau yang sehat ditandai dengan warna merah muda transparan karena pembuluh darah di bawahnya yang berbayang.Namun yang lunulanya menghilang dan permukaan kukunya berubah warna menjadi putih atau disebut Terry's nails, bisa jadi mengindikasikan adanya penyakit hati yang berat.

Ko bisa berikut ulasannya :



1. Anemia atau kekurangan gizi

Tidak adanya lunula pada ibu jari menunjukkan jika seseorang berpotensi menderita anemia (kekurangan darah) atau kekurangan gizi.

2. Wilson's disease

Area lunula yang berwarna biru menunjukkan seseorang menderita penyakit Wilson's disease. Ini adalah penyakit gangguan genetik karena tumpukan zat tembaga di berbagai organ vital, seperti hati, kornea mata, dan otak.

Wilson's disease terjadi karena hati tidak berfungsi untuk mencerna zat tembaga secara sempurna. Akibatnya, fungsi hati rusak, sistem saraf pusat tidak berfungsi hingga menyebabkan kematian.

3. Diabetes Melitus

Jika lunula berwarna biru pucat, bisa mengindikasikan penyakit diabetes melitus.

4. Kardiovaskular

Lunula yang berwarna merah bisa menunjukkan seseorang mengalami penyakit kardiovaskular, penyakit pembuluh darah kolagen, penyakit hematologic malignancies atau kanker darah.

5. Sirosis

Seseorang yang lunulanya menghilang dan permukaan kukunya berubah warna menjadi putih atau disebut Terry's nails, bisa jadi mengindikasikan adanya penyakit hati yang berat. Biasanya ini terjadi pada semua jari kuku, meskipun bisa juga hanya muncul pada 1 jari kuku. Delapan puluh persen pasien dengan sirosis memiliki Terry's nails.
Advertisement

Tulis Komentar
 
close button
Back to top
Situs ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs kami Kebijakan Kami
Got It!