-->

Kumpulan Kata Bijak Bahasa Jawa di Hari Selasa

Kumpulan Kata Bijak Bahasa Jawa di Hari Selasa

Kata bijak merupakan rangkaian kata-kata indah yang memiliki makna yang sangat dalam. Sampai saat ini kata bijak masih digemari dan selalu dicari. Kata bijak banyak ditemui dengan menggunakan berbagai bahasa, salah satunya adalah bahasa Jawa. Dalam kata bijak bahasa Jawa, Anda akan mendapatkan nasehat tentang kehidupan agar menjadi lebih baik dan terarah. Sangat penting bagi Anda untuk mengerti arti kata-kata bijak tersebut agar Anda bisa mengimplementasikan petuah / nasehat tersebut dengan baik, agar kedepannya kehidupan Anda menjadi lebih indah.

Biasanya kata bijak dalam bahasa Jawa mengandung wejangan yang secara turun temurun sudah diwariskan dari generasi satu ke generasi yang selanjutnya, yang isinya tentang bagaimana cara menjalani hidup dengan baik, sederhana, teratur, dan bagaimana cara bertata krama kepada orang yang lebih tua. Selain itu, kata bijak bahasa Jawa juga menuturkan tentang bagaimana cara mengasihi sesama dan masih banyak lagi.

Kata bijak dalam bahasa Jawa cenderung halus, penuh makna, dan ngayomi. Banyak sekali kata bijak dalam bahasa Jawa, namun Anda bisa mencari kata bijak yang kiranya pas dengan keadaan Anda saat ini. Kata bijak bahasa Jawa bersifat umum dan tidak terbatas hanya untuk orang Jawa saja, bisa dipakai oleh semua orang. Bagi Anda yang memiliki garis keturunan Jawa pasti tidak asing dengan kumpulan kata bijak bahasa Jawa ini, tapi untuk Anda yang tidak mengerti bahasa Jawa tidak perlu khawatir karena kumpulan kata bijak dalam bahasa Jawa di bawah ini akan kami cantumkan artinya juga.

Berikut kumpulan kata bijak bahasa Jawa yang bisa Anda pelajari.

Natas, nitis, bersih. Arti : Kita ada karena Tuhan, kita hidup bersama Tuhan, dan bersatu dengan Tuhan kita kembali

Memayu hayuning pribadi, memayu hayuning kulawarga, memayu hayuning sesama, memayu hayuning bawana Arti: Baik bagi diri kita sendiri, keluarga, sesama manusia, makhluk hidup, dan seluruh dunia.

Aja mbedakke marang sapadha-padha. Arti: Hargailah perbedaan, jangan membeda-bedakan sesama manusia.

Alam iki sejatining guru Arti: Alam merupakan guru yang sejati.

Sura dira jayadiningrat, lebur dening pangastuti. Arti: Semua sifat picik, angkara murka, keras hati hanya bisa dikalahkan dengan kebijakan, hati yang lembut dan kesabaran.

Gusti iku cedhak tanpo senggolan, adoh tanpo wangenan Arti: Tuhan itu dekat dengan tubuh kita tapi kita tidak bisa menyentuhnya, hanya akal kita yang bisa menjangkaunya

Mohon, mangesthi, mangastuti, marem. Arti: Selalu mintalah petunjuk Tuhan untuk menyelaraskan ucapan agar bisa berguna bagi sesama.

Urip kang utomo, mateni kang sempurno. Arti: Jika selama hidup kita melakukan hal baik, maka di kehidupan selanjutnya akan menemukan kebahagiaan.

Narimo ing pandum. Arti: Selalu menerima segala rintangan dengan hati ikhlas

Adigang, adigung, adiguno. >Arti: Jaga kelakuan dan jangan sombong dengan kekuatan, ketetapan, atau latar belakangmu.

Manungso mung ngunduh wohing pakarti. Arti: Baik dan buruk pada kehidupan manusia adalah akibat dari perbuatan manusia itu sendiri.

Ala lan becik iku gegandhengan, kabeh kuwi saka kersaning Pangeran. Arti: Keburukan dan kebaikan itu selalu bersama, itu semua adalah kehendak Tuhan.

Golek sampurnaning urip lahir batin lan golek kasampurnaning pati. Arti: Tanggung jawab kita adalah untuk mencari kesejahteraan hidup di dunia dan di akhirat

Ambeg utomo, andhap asor. Arti: Menjadi yang utama namun harus selalu rendah hati

Ora keno nglarani. Arti : Tidak boleh melukai.

Kawula mung saderma, mobah-mosik kersaning Hyang Sukmo. Arti: Lakukan apa yang kita bisa, setelahnya kita serahkan kepada Tuhan.

Sabar iku ingaran mustikaning laku. Arti: Mengedepankan kesabaran dalam bertingkah laku diibaratkan sesuatu yang sangat indah dalam suatu kehidupan.

Urip iku urup Arti: Hidup itu nyala, yang berarti hidup hendaknya memberi manfaat bagi semua orang yang berada di sekitar kita.

Demikian kumpulan kata bijak bahasa Jawa yang bisa kita sampaikan. Bukan hanya sebatas kata, Anda pasti menemukan wejangan / nasehat yang sangat berarti tentang kehidupan dalam  berkelakuan. Masa depan yang lebih baik akan menanti jika kita berkelakuan dan berkehidupan dengan baik dan benar. Bukan hanya untuk diri Anda sendiri, Anda bisa menerapkan kata bijak bahasa Jawa tersebut kepada atau bersama pasangan, keluarga, atau bahkan teman-teman Anda. Dengan menerapkan kata bijak tersebut, maka kualitas hidup Anda dan semua orang yang berada di sekitar Anda akan lebih baik. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat untuk kehidupan Anda. Terima kasih.
Advertisement
 
close button
Back to top
Situs ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs kami Kebijakan Kami
Got It!