-->

Ide Bisnis Mahasiswa

Tidak sedikit ada mahasiswa yang ingin memiliki bisnis kecil-kecilan untuk membantu meringankan beban orang tua mereka. Biaya besar yang dibutuhkan saat kuliah membuat mahasiswa memikirkan berbagai ide bisnis. Kadang mereka bingung untuk memilih peluang bisnis yang bisa mereka jalani. Ide bisnis mahasiswa memang sangat banyak hanya saja aktivitas dunia kuliah yang padat tak jarang menghambat semangat mereka untuk berbisnis. Masa kuliah menjadi masa yang tepat bagi mahasiswa untuk memiliki bisnis. Selain bisa membantu meringankan beban orang tua, berbisnis saat kuliah membuat mahasiswa menjadi memiliki modal dan pengalaman. Hal ini akan membantu mahasiswa bisa berpikir lebih kritis tentang usaha apa yang akan dia jalani setelah lulus dari kuliah. Dan tentu saja berbisnis saat kuliah menjadi keuntungan besar jika bisnis yang dijalani bisa terus berlanjut sampai lulus kuliah. Berikut beberapa ide bisnis mahasiswa yang pasti bisa dilakukan dengan waktu yang fleksibel.

1.  Berjualan pulsa dan kuota
Berjualan pulsa menjadi awal yang bagus bagi mahasiswa yang baru belajar berbisnis. Dengan pengelolaan yang baik, keuntungan berjualan pulsa dan kuota pasti didapatkan. Bisnis ini sangat cocok karena selain uang; pulsa dan kuota menjadi kebutuhan yang vital bagi mahasiswa. Namun berbisnis tidak selalu berjalan mulus, jadi Anda harusnya tidak terkejut jika ada teman yang tidak bisa langsung membayar pulsa yang dibeli. Untuk mengantisipasi hal-hal lain, sebaiknya Anda juga memperhitungkan kemungkinan-kemungkinan terburuk terlebih dahulu sebelum memulai bisnis ini.
2.  Online Shop
Bisnis yang sedang naik daun ini patut Anda coba karena jaringan penjualan online sangat luas. Penjualan online bisa menjadi ide bisnis mahasiswa yang paling sering mengeluarkan mahasiswa dari permasalahan keuangan. Banyaknya jenis barang yang dijual membuat usaha ini tidak akan sepi pembeli. Dengan berbisnis online Anda bisa menjual produk buatan sendiri, tapi kalau Anda tidak memiliki produk sendiri, Anda bisa menjual produk orang lain. dengan menjual produk orang lain, Anda bisa menjadi reseller atau dropshipper yang membutuhkan modal tidak banyak namun memiliki hasil yang lumayan jika dikerjakan dengan tekun.
3.  Menjual jajanan
Bisnis ini sangat cocok bagi kalian yang mempunyai kantin kampus yang terletak jauh dari ruang kuliah. Ide bisnis mahasiswa ini hanya membutuhkan keterampilan Anda dalam membuat jajanan. Tapi kalau membuat jajanan sendiri akan menyita waktu Anda, Anda bisa membeli snack dalam jumlah besar ke tengkulak agar Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah dan bisa dijual kembali seperti harga pada umumnya. Ide bisnis mahasiswa ini pasti akan berhasil karena makanan dan minuman sangat dibutuhkan untuk mengisi perut yang keroncongan saat sedang kuliah.
4.  Membuka jasa les privat
Ide bisnis mahasiswa yang satu ini sepertinya lebih mudah dilakukan karena Anda hanya dituntut untuk membagi ilmu yang sudah Anda miliki kepada murid privat Anda. Ide bisnis mahasiswa ini memiliki dua keuntungan, yakni memperdalam penguasaan materi dan tentu saja menambah pundi-pundi rupiah. Biasanya jasa les privat ini akan banyak dicari ketika Ujian Sekolah atau Ujian Nasional akan tiba.
5.  Membuka jasa bimbingan belajar
Kemampuan setiap mahasiswa dalam menangkap ilmu yang diberikan dosen memang berbeda-beda sehingga selalu ada saja mahasiswa yang membutuhkan bantuan orang lain yang lebih menguasai mata kuliah tertentu untuk menaikkan IP. Ide bisnis mahasiswa ini bisa Anda lakukan sendiri atau bersama teman lain yang ahli dalam bidang itu. Dan untuk selanjutnya lebih baik Anda tidak hanya membuka jasa dalam bidang akademis, Anda bisa mengembangkan bisnis Anda hingga bidang non akademis, seperti bermain alat musik, berenang, mengemudi, memasak, dan masih banyak lagi. Saat menjalankan Ide bisnis mahasiswa ini, Anda membutuhkan kesabaran yang sangat besar dalam memberi bimbingan.
6.  Membuka jasa pengetikan dan Print
Ide bisnis ini merupakan ide bisnis mahasiswa yang sangat menjanjikan karena tugas yang diberikan selalu dalam bentuk cetakan. Saat ini masih banyak mahasiswa yang melemparkan tugas kepada jasa pengetikan dan print karena mereka tidak mempunyai waktu untuk mengetik dan alasan lainnya karena mereka tidak memiliki printer.
7.  Membuka jasa servis laptop atau komputer
Jasa servis laptop atau komputer hanya bisa dilakukan oleh Anda yang ahli dibidang ini. Bisnis ini cukup menjanjikan karena saat ini sebagian besar mahasiswa telah memiliki laptop. Seperti sudah disebut sebelumnya, ide bisnis mahasiswa ini hanya bisa dilakukan oleh Anda yang memiliki keahlian tentang hardware dan software. Namun tidak hanya itu, Anda juga harus memiliki peralatan yang dibutuhkan untuk servis laptop. Bisnis ini tidak hanya bisa Anda promosikan kepada teman Anda saja, Anda juga bisa membuka jasa servis untuk umum.
8.  Jasa pembuatan website
Website menjadi  hal penting untuk berbagai instasi. Hampir setiap perusahaan, kampus, dan sekolah sudah memiliki website, bahkan saat ini banyak sekali muncul website/blog pribadi di internet. Ide bisnis untuk mahasiswa yang satu ini tentu saja merupakan menjadi peluang bagus bagi Anda yang bisa membuat website dengan membuka bisnis jasa pembuatan website.
9.  Membuka jasa penerjemah
Banyak mahasiswa yang memulai bisnis ini  karena bisnis ini merupakan bisnis yang mudah. Tidak membutuhkan modal dan paralatan yang rumit, yang terpenting adalah mahir berbahasa asing.

Semua ide bisnis mahasiswa di atas akan berkembang dengan baik dan bertahan lama jika Anda dapat mengelola bisnis tersebut dengan baik dan terkonsep. Bukankah akan luar biasa jika saat Anda belum lulus tapi sudah memiliki bisnis yang berjalan dengan lancar. Jangan lagi bingung tentang ide bisnis mahasiswa, segera tentukan bisnis yang sesuai dengan keinginan dan keterampilan Anda. Semoga sukses.
Advertisement

Tulis Komentar
 
close button
Back to top
Situs ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs kami Kebijakan Kami
Got It!