-->

Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga

Bagi wanita yang sudah terbiasa berada di rumah tentu tidak masalah jika setelah menikah mereka akan betah dengan segala aktivitas di dalam rumah, mulai dari pagi mengerjakan berbagai pekerjaan rumah sampai  berdiam di rumah menunggu suami pulang dari kerja. Berbeda lagi dengan mereka yang sudah terbiasa bekerja, setelah menikah mereka yang terbiasa memiliki aktiviitas menjadi ‘gregetan’ ingin bekerja lagi setelah menikah. Dengan ini mereka mencari ide bisnis ibu rumah tangga untuk memenuhi keinginan untuk kembali bekerja tapi tetap tidak meninggalkan kewajiban di rumah.
Untuk memecahkan masalah tersebut, berikut ini akan kami berikan beberapa ide bisnis ibu rumah tangga yang pastinya akan membuat Anda memiliki inspirasi tentang usaha yang akan Anda jalankan.


1.  Bisnis dalam berbagai jasa
Bagi Anda ibu rumah tangga  yang memiliki kemampuan khusus, Anda bisa membuka bisnis jasa sesuai dengan kemampuan atau skill yang Anda miliki. Seperti contoh; membuka kursus memasak, bermain musik, menari, melukis, atau bahkan jika Anda bisa berbahasa asing, Anda bisa membuka jasa penerjemah.
2.  Membuka bisnis katering
Modal utama dari ide bisnis ibu rumah tangga satu ini adalah kemampuan memasak dan kreatifitas dalam menyusun menu. Anda bisa menargetkan pemasaran bisnis Anda ke berbagai penjuru, bisa dari pelajar sampai karyawan. Anda juga harus sigap mencari info tentang event yang pasti bisa membuat usaha katering Anda semakin besar dan dikenal luas. Anda juga bisa mempromosikan usaha katering Anda lewat berbagai media sosial yang saat ini banyak sekali jenisnya.

3.  Membuka jasa jahit
Bagi Anda yang mempunyai kemampuan menjahit, tidak ada salahnya kalau Anda membuka usaha ini karena dunia fashion tidak akan pernah surut seiring dengan berjalannya waktu. Berbagai mode akan terus berganti, hal ini membuat peluang jasa jahit menjadi sangat lebar. Selain itu, jasa jahit selalu dicari karena masih banyak orang yang merasa tidak cocok dengan ukuran atau model pakaian yang ada di toko. Nilai lebih dari memesan pakaian langsung dari penjahit adalah rasa nyaman pakaian yang pas di badan dan pelanggan bisa memesan model pakaian sesuai dengan keinginan mereka. Untuk melancarkan usaha Anda, Anda harus rajin update mode-mode terbaru agar Anda memiliki banyak referensi untuk pakaian yang Anda jahit.
4.  Membuka jasa laundry
Mencuci baju adalah salah satu pekerjaan wajib yang dilakukan setiap orang. Namun mereka yang sangat sibuk dalam pekerjaan tidak mempunyai waktu untuk melakukan kegiatan cuci mencuci. Dan jika Anda tinggal di tempat yang dekat kampus, maka membuka jasa laundry menjadi peluang yang bagus karena target usaha sudah terlihat sangat jelas karena kebanyakan mahasiswa memiliki aktivitas dan tuntutan tugas yang selalu menggunung sehingga mereka tak jarang membutuhkan jasa laundry. Satu hal yang harus Anda ingat, Anda juga harus memiliki pengering pakaian, agar saat musim hujan tiba usaha Anda akan tetap berjalan dengan lancar.
5.  Usaha penjualan barang
Selain bisnis dalam bidang jasa, Anda juga bisa membuka bisnis dalam penjualan barang. Bisnis ini merupakan bisnis kecil yang dapat dilakukan siapapun dan tidak memerlukan skill atau kemampuan khusus. Anda hanya perlu membuat pelanggan nyaman saat datang kepada Anda sehingga pelanggan akan tetap kembali untuk membeli barang yang Anda jual. Selain menjual barang secara langsung, Anda juga dapat menjual barang secara online yang saat ini sedang banyak digemari masyarakat.
6.  Membuka toko serba ada
Ide bisnis ibu rumah tangga selanjutnya adalah membuka toko serba ada. Toko serba ada ini tidak harus berskala besar, cukup toko kecil saja tapi barang yang Anda jual ada berbagai jenis sehingga pembeli akan menemukan barang yang mereka cari di toko Anda tanpa pergi jauh ke toko besar yang letaknya jauh dari komplek rumah Anda. Jika di komplek rumah Anda tidak ada toko semacam itu, maka itu menjadi peluang yang sangat bagus untuk Anda. Usaha ini bisa dilakukan disela-sela Anda mengurus pekerjaan rumah tangga dan usaha ini tergolong usaha yang dapat dijalankan dengan santai.
7.  Membuka bisnis online
Seperti yang sudah disebutkan di atas, saat ini bisnis online sedang digemari banyak orang. Bisnis online merupakan ide bisnis ibu rumah tangga yang dapat dilakukan disela-sela aktivitas mengurus segala keperluan rumah tangga. Bisnis online memiliki banyak sekali jenis, seperti reseller dan dropship.
Reseller adalah bisnis yang tidak menggunakan banyak modal yang bisa ibu rumah tangga jalankan dengan cara membeli barang kepada suplier dengan harga grosir dan menjual kembali barang tersebut dengan harga konsumen.
Dropship adalah bisnis yang hampir sama dengan reseller yaitu kembali menjual barang dari suplier dengan harga konsumen, bedanya Anda tidak perlu menyetok barang.  Anda hanya perlu menawarkan barang kepada pelanggan, setelah pelanggan bersedia membeli maka tugas Anda selanjutnya adalah menghubungi suplier agar barang tersebut dikirim ke alamat pembeli.

Itulah beberapa ide bisnis ibu rumah tangga yang bisa dilakukan kapan pun dari dalam rumah. Anda tidak perlu lagi pusing memikirkan bagaimana caranya menghabiskan waktu luang sembari menunggu suami Anda pulang kerja. Anda juga bisa bisa menambah penghasilan rumah tangga dari usaha yang Anda dirikan. Anda jangan ragu untuk memulai usaha yang Anda inginkan. Semoga berhasil dan sukses.
Advertisement

Tulis Komentar
 
close button
Back to top
Situs ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs kami Kebijakan Kami
Got It!