-->

Trik Memilih Hotel Yang Murah

Liburan adalah salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi untuk melepas segala kepenatan. Jaman modern seperti sekarang ini mudah sekali mencari informasi tentang berbagai hal, termasuk tujuan destinasi Anda. Berbagai destinasi di Indonesia atau di luar negeri banyak sekali pilihannya. Namun sebelum berlibur Anda harus merencanakan segalanya dengan matang, apalagi kalau Anda berencana untuk liburan saat tahun baru di tempat yang istimewa, lebih baik Anda memesan tiket dan tempat menginap jauh-jauh sebelum hari H tiba. Bukan hanya karena takut tidak mendapatkan hotel, tapi saat musim liburan tak jarang tarif yang dikenakan pasti berbeda dengan hari biasa. Dan tentunya akan lebih mahal.

Agar mendapatkan harga yang murah saat liburan, berikut trik memilih hotel yang murah :
1.    Pilih tujuan destinasi liburan
Memilih tujuan berlibur adalah hal pertama yang harus dilakukan sebelum memilih penginapan. Setelah Anda sudah memilih destinasi idaman untuk berlibur, Anda bisa membuat catatan ringkas tentang berapa saja dana yang Anda butuhkan untuk rencana liburan tersebut.

2.    Pilih hotel sesuai dana yang dimiliki
Carilah penginapan atau hotel yang sesuai dengan dana yang Anda miliki. Anda bisa mencari berbagai info lewat Google atau lewat beberapa Online Travel Agent (OTA) yang saat ini bisa memberikan informasi kepada Anda harga-harga hotel dari yang paling murah sampai yang paling mahal. Harga yang ditawarkan oleh hotel akan berbeda-beda sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan. Semakin lengkap fasilitas hotel, maka semakin mahal pula harga sewa per malamnya.

3.    Pelajari setiap ulasan hotel
Sebagai wisatawan, Anda harus memilih hotel dengan hati-hati. Perhatikan setiap ulasan yang bisa Anda dapatkan melalui Online Travel Agent. Biasanya, ulasan menunjukkan foto-foto kamar. Anda harus memperhatikan foto-foto itu dengan jeli dan seksama karena foto yang diunggah Online Travel Agent bisa berbeda dengan penampakan asli kamar tersebut.

4.    Mencari diskusi forum-forum wisata
Tidak ada salahnya Anda cerewet bertanya segala hal yang berhubungan dengan rencana liburan Anda di forum-forum diskusi. Anda akan mendapatkan informasi tentang hotel yang murah dan berbagai informasi lain dari forum-forum wisata tersebut yang tentu saja akan sangat membantu perjalanan liburan Anda. Lebih baik mengetahui segalanya lebih dulu, bukan?

5.    Jangan memesan dadakan
Memesan hotel saat musim liburan sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Untuk liburan akhir tahun, sebaiknya Anda memesan hotel antara 12 sampai 5 hari sebelum Hari Raya Natal. Jika Anda memesan hotel sesaat sebelum keberangkatan diakhir tahun, jangan kaget jika harga yang ditawarkan akan berbeda dengan harga semula yang pernah Anda lihat. Hal itu terjadi karena permintaan akan kamar hotel sedang meningkat. Keuntungan lain dari memesan penginapan jauh-jauh hari adalah Anda bisa mendapatkan promo-promo yang ditawarkan oleh Online Travel Agent.

6.    Liburan dengan teman atau patungan
Jika Anda ingin menghemat pengeluaran dana untuk berlibur, sebaiknya Anda mengajak beberapa teman Anda atau mungkin sekalian liburan bersama satu bus dengan teman-teman Anda agar biaya penginapan bisa dibagi secara merata dan tentu saja Anda bisa lebih berhemat.

7.    Pilihlah hotel yang agak jauh dari pusat kota
Sudah bukan rahasia lagi kalau hotel di pusat kota memiliki harga yang berbeda dengan hotel yang letaknya agak jauh dari pusat kota. Perbedaan harga tersebut terjadi karena pusat kota biasanya menjadi tujuan utama dan memiliki daya tarik wisata yang dicari oleh wisatawan. Untuk memilih hotel yang murah, Anda bisa agak menjauh dari pusat kota yang masih bisa dijangkau dengan berjalan kaki. Hal ini memang memiliki resiko karena memerlukan waktu lebih jika Anda ingin pergi ke pusat kota.

8.    Pilih hotel yang baru buka
Hotel yang baru buka pasti memberi banyak diskon karena hotel tersebut masuk dalam masa promosi. Hotel ingin menarik minat pelanggan baru agar hotelnya dikenal oleh banyak orang dengan memberikan harga promosi.

9.    Memilih paket liburan
Anda bisa mencari agen travel yang menjual paket liburan agar liburan Anda lebih menyenangkan dan mendapat hotel yang murah. Jika Anda hitung lagi, biaya antara Anda berlibur sendiri dengan membeli paket liburan pasti terlihat bedanya. Dan terlihat jelas bahwa paket liburan memakan biaya lebih murah daripada pergi berlibur sendiri.

10.Memilih waktu liburan low season
Jika Anda ingin benar-benar mendapatkan hotel yang murah, Anda bisa memilih liburan saat bukan musim liburan. Anda bisa menghindari libur hari besar nasional atau long weekend jika ingin liburan Anda benar-benar berkualitas dan dengan dana yang murah tentunya.

11.Menggunakan kartu kredit dan reward pointnya
Kartu kredit sering dianggap sebagai kartu untuk berhutang, sebenarnya bukan seperti itu, fungsi kartu kredit yang sebenarnya adalah sebagai metode pembayaran alternatif dan untuk mendapatkan diskon. Biasanya diskon khusus diberikan kepada mereka yang membayar dengan kartu kredit. Hal menguntungkan lainnya dari kartu kredit adalah reward point yang bisa digunakan untuk mendapatkan potongan harga lebih banyak ketika melakukan transaksi.

Nah itulah beberapa trik memilih hotel murah yang bisa Anda pilih. Harus Anda ingat, Anda harus jeli dalam memilih hotel yang murah. Meskipun Anda mendapatkan hotel yang murah, Anda juga harus melihat seberapa jauh lokasi tujuan wisata Anda dengan hotel yang Anda tempati. Bukankah menjadi hal yang lucu jika Anda memilih hotel yang sangat murah tapi Anda harus naik kendaraan yang sangat jauh dan menghabiskan biaya lebih untuk pergi ke tempat tujuan? Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.
Advertisement
 
close button
Back to top
Situs ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs kami Kebijakan Kami
Got It!