-->

Peluang Bisnis Online

Saat ini pengguna internet dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia meningkat dengan pesat. Hal ini terlihat pada bisnis online yang sedang banyak digunakan oleh masyarakat. Bukan hanya jual beli online saja yang mengalami pertumbuhan dengan pesat, bidang teknologi informasi pun juga terlihat mengalami pertumbuhan pesat. Dulu, media informasi kita ketahui melalui koran dan majalah, namun sekarang ini sudah banyak sekali koran online, seperti; Kompas.com, Detik.com, Tempo.com dan masih banyak lagi.
Bisnis online adalah bisnis yang hanya bisa dikerjakan dengan koneksi internet. Nah, hanya modal koneksi internet yang mumpuni dan smartphone atau komputer siapapun bisa menjalankan peluang bisnis online. Target penjualan juga bisa didapatkan sebanyak-banyaknya baik lokal maupun internasional.
Dan sekarang mari kita ulas beberapa peluang bisnis online yang mungkin saja bisa Anda pilih untuk memulai usaha baru.
1.  Bisnis online dengan menjual produk orang lain
Saat ini peluang bisnis online yang sedang banyak memberi keuntungan adalah dengan menjual produk orang lain. Hal ini terjadi karena konsumen Indonesia sudah mulai banyak yang berpindah ke jalur online. Karena semua dilakukan hanya dengan online, pastikan Anda bekerja sama dengan orang yang bertanggung jawab dan bisa dipercaya.
Program menjual produk orang lain ini memiliki beberapa jenis, yakni :
-          Reseller. Seseorang yang menjual ulang barang atau produk disebut sebagai Reseller. Jika Anda ingin menjadi reseller, Anda harus mempunyai modal yang lumayan besar dan siap direpotkan dengan packing dan pengiriman barang kepada pembeli.
-          Dropshipper. Dropshipping artinya menjual barang tanpa memiliki stoknya. Cara kerja dropshipper adalah mengajukan pemesanan barang oleh pembeli kepada suplier. Setelah itu suplier yang akan mengirim barang kepada pembeli. Biasanya suplier bersedia mengirimkan barang kepada pembeli menggunakan nama atau toko online kita sebagai pengirim pada kemasan barang tersebut.
-          Affiliate. Alur dari affiliate adalah kita hanya merekomendasikan produk orang lain. Setelah itu pembeli akan berhubungan dengan penjual. Ketika produk yang kita rekomendasikan dibeli, kita akan mendapatkan komisi beberapa persen dari jumlah harga produk.
2.  Bisnis online membuat konten website
Sekarang media blog/website banyak bermunculan. Hal ini menyebabkan banyak sekali yang membutuhkan penulis untuk mengisi konten website tersebut. Konten website bisa berbentuk teks, gambar, dan video. Konten teks biasanya berbentuk artikel. Sedangkan permintaan video dan gambar biasanya berupa pembuatan video marketing atau berbagai macam tutorial yang sesuai dengan website yang Anda miliki.
3.  Bisnis online menjual jasa pembuatan blog atau website
Bisnis online ini cocok untuk seseorang yang memiliki kemampuan dalam membuat sebuah website atau blog. Bagi Anda yang tidak memiliki ahli dibidang ini pun bisa mempelajarinya dengan mudah jika ingin mecoba peluang bisnis online sebagai pembuat website atau blog. Wordpress, salah satu platform yang mudah Anda pelajari jika Anda ingin terjun ke jasa pembuatan website atau blog. Wordpress sudah dilengkapi dengan berbagai themes/template gratis atau berbayar yang unik dan bisa langsung digunakan. Hal lain yang diperlukan dalam peluang bisnis online ini adalah Anda harus memiliki jaringan dengan penyedia domain dan hosting yang bisa diandalkan.
4.  Bisnis online menjadi broker online
Broker kadang disebut juga sebagai makelar, yaitu seseorang atau perusahaan yang bertugas mempertemukan antara penjual sebuah produk/jasa kepada calon pembeli. Syarat utama untuk menjadi seorang makelar adalah harus cekatan, memiliki jaringan, kenalan, dan teman yang cukup luas.
5.  Bisnis online menjual jasa konsultasi berbagai bidang tertentu
Peluang bisnis online ini sedang naik daun dengan berkembangnya media sosial yang semakin pesat. Anda bisa mendaftar menjadi mentor kursus pada portal yang sudah terjamin kualitasnya atau membuka bisnis ini sendiri. Contoh peluang bisnis online ini adalah menjadi guru privat atau kursus online, konsultasi masalah kesehatan, konsultasi pengembangan bisnis, konsultasi SEO sebuah website dan masih banyak yang lainnya.
6.  Bisnis online MLM
Peluang bisnis online satu ini sedang banyak diminati masyarakat, tapi tak sedikit juga yang tidak mempercayai bisnis ini. MLM, bisnis ini sangat berpotensi dan memberikan keuntungan bagi banyak orang, namun Anda harus jeli memilih karena tidak semua bisnis MLM memberikan keuntungan kepada Anda.
7.  Menjadi blogger profesional
Menjadi blogger adalah peluang bisnis online yang mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun dan kapanpun. Banyak sekali blogger yang memiliki penghasilan yang menggiurkan dari blog atau website yang mereka bangun. Anda bisa memiliki penghasilan dari blog melalui program Pay Per Click (PPC) Google Adsense, space iklan, review produk dan masih banyak yang lainnya.
8.  Mengubah bisnis offline menjadi online
Saat ini banyak bisnis offline yang juga mulai dijalankan secara online guna meningkatkan brand dan keuntungan. Dengan dijalankan secara online, target penjualan Anda menjadi luas. Cukup sediakan website yang berisi berbagai produk yang Anda jual.

Pastinya masih banyak lagi peluang bisnis online yang belum disebutkan, namun beberapa peluang bisnis online di atas bisa Anda jadikan patokan untuk segera merencanakan bisnis online Anda. Peluang bisnis online yang banyak sekali jenisnya bisa dilakukan oleh siapapun dan tanpa batasan waktu. Perlu diingat kembali, koneksi internet stabil adalah faktor utama dalam berbisnis online. Setelah koneksi internet sudah Anda dapatkan, Anda bisa melakukan pemasaran sesuai dengan keinginan Anda. Giat melakukan promosi membuat Anda semakin dikenal masyarakat, Anda bisa melakukan promosi melalui media sosial, email marketing, media iklan, blog pribadi dan lain-lain. Sekian ulasan tentang peluang bisnis online yang  bisa Anda pilih dan Anda jalankan sesuai dengan minat Anda.
Advertisement

Tulis Komentar
 
close button
Back to top
Situs ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs kami Kebijakan Kami
Got It!