-->

Pentingnya Marketing Online

Bagian terpenting menjalankan bisnis selain modal adalah marketing atau pemasaran yang dilakukan masing-masing pebisnis. Pemasaran atau marketing merupakan proses yang panjang, mulai dari pemasangan iklan yang akan membuat konsumen mengetahui produk sampai pada tindak lanjut setelah konsumen melakukan pembelian. Anda yang memiliki bisnis harus memahami pentingnya marketing online atau pemasarang online yang memberikan banyak sekali manfaat.

Bukti berbagai manfaat melakukan marketing online sudah dirasakan banyak pebisnis. Meskipun begitu, Anda juga tetap perlu melakukan marketing offline. Jika marketing online dan marketing offline dilakukan secara bersama-sama dengan cara yang sangat baik maka bukan menjadi hal yang mustahil jika Anda akan merasakan keuntungan yang Anda harapkan.
Seperti sudah disebut di atas bahwa pentingnya marketing online dilakukan karena memberikan banyak manfaat untuk para pelaku bisnis. Berikut adalah beberapa manfaat marketing online :
1.    Tidak terbatas waktu dan tempat
Seperti sudah kita ketahui bahwa internet bisa kita akses sepanjang waktu. Di manapun dan kapanpun selama memiliki atau mendapatkan akses internet semua orang bisa melihat produk yang Anda pasarkan.
2.    Biaya murah
Biaya yang dikeluarkan saat marketing online lebih sedikit daripada melakukan marketing offline. Hal ini terjadi karena saat melakukan marketing online Anda hanya perlu memiliki akses internet dan website yang bisa Anda buat sendiri atau bisa juga website orang lain untuk memajang produk yang Anda miliki.
3.    Mudah memilih target
Dimasa modern ini banyak sekali sosial media yang penggunanya membuat komunitas atau grup. Dengan memanfaatkan hal tersebut Anda bisa dengan mudah menentukan target marketing online Anda. Selain berbagai komunitas yang ada, sosial media juga mengijinkan Anda untuk memasang iklan gratis. Selain pemasangan iklan gratis, Anda juga bisa membayar jika mau pelayanan iklan yang lebih besar dengan menggunakan password tertentu.
4.    Jangkauan luas
Dengan marketing online, Anda bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Anda dapat menginformasikan produk Anda ke berbagai wilayah di Indonesia bahkan bisa menjangkau pasar di luar negeri.
5.    Meningkatkan image
Dengan strategi marketing online yang bagus, Anda dapat meningkatkan image produk Anda dimata para konsumen. Hal ini membuat konsumen memberikan nilai lebih kepada Anda di tengah-tengah persaingan bisnis yang sangat keras ini.
6.    Organisir menjadi lebih sederhana dan mudah
Anda tidak perlu repot menata produk agar terlihat menarik oleh konsumen. Anda hanya perlu menyediakan daftar barang yang Anda jual yang pada masing-masing barangnya diberi keterangan. Anda pun tidak perlu memiliki banyak karyawan, cukup beberapa saja yang bisa menangani pengiriman barang dan mengurus pemesanan barang secara online.
7.    Mengelola barang menjadi lebih mudah
Jika Anda menggunakan website Anda sendiri dalam penjualan produk, maka Anda bisa menggunakan sistem manajemen yang disediakan oleh website. Sistem tersebut memudahkan pengelolaan barang dan pergudangan, Anda juga bisa melihat stok barang dengan mudah. Dengan marketing online Anda bisa menjual barang sesuai dengan pesanan yang datang.

8.    Mudah menjalin hubungan
Ruang internet yang tidak terbatas membuat Anda memiliki banyak keuntungan yang salah satunya memudahkan Anda dalam menjalin hubungan dengan konsumen. Anda bisa langsung menanggapi ketika ada konsumen yang bertanya, memesan, atau bahkan ketika ada keluhan tentang produk Anda
9.    Fokus dalam pelayanan
Tidak seperti pelayanan offline, sistem online lebih praktis karena sistem komputer bisa menampung semua pelanggan. Anda juga tidak perlu khawatir akan pelanggan yang tidak terlayani, karena dengan sistem online Anda hanya perlu melayani pelanggan yang akan melakukan pembelian serta pelanggan yang bertanya tentang produk-produk Anda.
10.Lebih mudah melakukan riset
Riset pasar sangat penting dilakukan agar Anda bisa mengetahui apa saja yang saat ini sedang diminati konsumen. Anda dapat dengan mudah mencari informasi tentang itu dengan melihat kata kunci yang sering dicari pada situs Anda. Anda juga bisa melihat pebisnis lain yang memiliki jenis produk yang sama dengan Anda. Hal ini memberi keuntungan kepada Anda karena Anda bisa menentukan strategi marketing online yang tepat untuk meningkatkan bisnis Anda.
11.Dapat segera memperbaiki kesalahan
Manfaat yang sangat jelas terasa dari pentingnya marketing online adalah Anda dapat memperbaiki kesalahan ketika Anda melakukan kesalahan saat memasang iklan. Cukup pantau dan lacak apakah iklan Anda berjalan dengan baik. Anda juga bisa memutuskan dan mengganti kata-kata atau grafis dengan cepat dan melakukan itu semua tanpa ada masalah dan tambahan biaya.
12.Banyak media yang bisa digunakan untuk marketing online
Saat ini banyak sekali media sosial yang muncul di internet. Anda bisa melakukan marketing online di semua sosial media, seperti facebook, twitter, instagram, blog, line, dan masih banyak lagi.
Meskipun di atas disebutkan banyak sekali keuntungan yang didapat dari marketing online, marketing online juga memiliki beberapa kelemahan, yakni:
  • Konsumen harus mempunyai akses internet terlebih dahulu agar bisa melihat produk yang Anda pasarkan.
  • Tak jarang kecepatan koneksi internet kadang-kadang menurun yang bisa menghambat usaha Anda.
  • Konsumen hanya bisa melihat gambar produk Anda pada foto yang Anda unggah pada iklan
  • Seringnya ada penipuan dalam internet kadang membuat konsumen tidak percaya begitu saja kepada Anda atau produk yang Anda jual.


Demikian manfaat pentingnya marketing online sudah kami sebutkan di atas. Dan dengan menyebutkan beberapa kekurangan pada marketing online kami harap Anda bisa melakukan antisipasi agar bisa meminimalisir kekurangan yang ada. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk Anda. Semoga sukses.
Advertisement
 
close button
Back to top
Situs ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs kami Kebijakan Kami
Got It!