-->

Marketing Mix Dan Efektifitasnya

Dalam dunia marketing, banyak sekali pengelompokan yang bisa dijalankan. Salah satunya adalah Marketing Mix. Marketing Mix kadang juga disebut dengan bauran pemasaran. Marketing Mix adalah marketing yang dilakukan dengan cara bersama-sama atau dengan kata lain, strategi pemasaran yang dilakukan secara bersama-sama dalam menerapkan beberapa elemen yang ada. Menurut beberapa istilah, Marketing Mix adalah sekumpulan variabel marketing yang kesemuanya itu dapat dikendalikan dan dapat digunakan untuk mengejar tingkat penjualan yang telah ditargetkan.
Marketing Mix memiliki beberapa elemen yang dulu hanya berjumlah 4 yang dikenal dengan unsur 4P, namun kali ini unsur tersebut bertambah 3 dan membuat semuanya kini menjadi 7P. Unsur 7P itu terdiri dari:
1.    Marketing Mix Product
Marketing Mix product dibagi menjadi dua jenis, yaitu produk berbentuk atau fisik nyata yang bisa dilihat dan dipegang secara langsung, dan yang kedua adalah produk yang tidak bisa dilihat atau tidak memiliki bentuk fisik namun bisa dirasakan, seperti jasa.
2.    Marketing Mix Price
Strategi pemasaran yang memakai harga yang sudah ditentukan untuk ditawarkan kepada konsumen, hal ini untuk menentukan apakah konsumen akan sungguh sungguh membeli produk tersebut atau tidak.
3.    Marketing Mix Place
Marketing Mix place juga bisa kita sebut dengan distribusi. Maksudnya adalah bahwa seluruh rangkaian kegiatan atau fungsi untuk memindahkan satu produk yang memiliki hak milik mulai dari produsen ke pembeli atau pemakai produk.
4.    Marketing Mix Promotion
Yang diandalkan dari Marketing Mix promotion ini adalah kecakapan Anda dalam berkomunikasi untuk menyampaikan informasi produk atau jasa dari penjual kepada pembeli agar strategi bisa berjalan dengan baik dan produk yang ditawarkan bisa dikenal luas oleh konsumen.
5.    Marketing Mix Participant or People
Maksud dari Marketing Mix participant or people adalah mereka yang yang ikut terlibat atau berpartisipasi dalam strategi pemasaran produk atau jasa yang sedang dijalankan.
6.    Marketing Mix Procces
Marketing Mix procces adalah kegiatan marketing yang menunjukkan seperti apa proses pelayanan yang kita berikan kepada konsumen saat melakukan pembelian produk atau jasa yang ditawarkan.
7.    Marketing Mix Physical Evidence
Marketing Mix Physical Evidence berarti suasana linkungan yang berkaitan dengan kondisi atau keadaan yang ada.

Persaingan pasar merupakan dunia yang terlihat mudah namun juga susah. Keberhasilan menggunakan strategi Marketing Mix bukan hanya terletak pada 7 unsur di atas, namun ada beberapa faktor penentu yang bisa menjadi pengukur keberhasilan strategi tersebut. Di bawah ini akan kita ulas sedikit tentang faktor penentu yang mempengaruhi hasil Marketing Mix dan efektifitasnya.
·    Kualitas, kualitas adalah penentu utama apakah produk yang kita tawarkan bisa diterima oleh pelanggan. Ada 5 unsur yang bisa menentukan apakah kualitas barang atau jasa kita tawarkan, yakni sebuah assurance (jaminan), emphaty (empati), reliability (keadaan), responsive (daya tanggap), tangible (bukti nyata).
·  Harapan produk atau jasa, harapan konsumen terhadap produk, apakah produk yang kita tawarkan sudah layak atau sesuai dengan keinginan, kebutuhan, dan harapan atas barang atau jasa yang dibelinya. Untuk memenuhi harapan konsumen, kita dapat melakukan survey pasar tentang apa yang saat ini sedang dibutuhkan atau disukai oleh konsumen.

Sudah disebutkan di atas bahwa persaingan pasar terlihat mudah, namun juga bisa dikatakan sulit. Salah satu kunci yang bisa membuat kita bertahan pada persaingan pasar adalah strategi yang bagus dan baik. Kita tidak perlu panik saat produk atau jasa yang akan kita tawarkan belum siap atau belum selesai. Sebaiknya kita tunda jadwal promosi sampai produk atau jasa kita selesai. Tidak perlu khawatir akan kalah dalam persaingan pasar karena bukan mereka yang meluncurkan produk terlebih dahulu yang akan menang.

Sudah banyak yang melakukan penelitian Marketing Mix dan efektifitasnya apakah berpengaruh besar terhadap daya beli konsumen. Dan dari beberapa penelitian itu hasilnya tidak semua sama. Seperti penelitian yang dilakukan oleh Hendra Saputra pada tahun 2008 dengan judul “Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Teh Celup Sariwangi oleh Konsumen Rumah Tangga di Kota Medan”  memiliki hasil penelitian yang menunjukkan bahwa produk dan saluran distribusi tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan harga dan promosi mempunyai pengaruh positif.

Selain itu ada penelitian yang dilakukan oleh Satmoko dkk pada tahun 2005 dengan judul “Analisis Efektifitas Marketing Mix Terhadap Tingkat Pembelian Kentucky Fried Chicken (KFC) Di Kota Magelang” memiliki hasil penelitian yang menunjukkan bahwa produk dan promosi tidak mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian, harga dan saluran distribusi mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian.

Penelitian yang dilakukan Abubakar pada tahun 2005 yang berjudul “Pengaruh Pelaksanaan Bauran Pemasaran Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Pada Jamu Di Banda Aceh” memiliki hasil berbeda yang menunjukkan bahwa produk, harga, dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan tempat atau distribusi tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
Dengan berbagai penelitian dan segala unsur di atas menunjukkan bahwa Marketing Mix merupakan metode marketing yang bisa dilakukan siapapun dengan produk apapun. Dengan berbagai jenis strategi yang dijadikan satu membuat hasil yang dicapai juga berbeda-beda. Untuk Anda yang ingin memulai bisnis dengan strategi Marketing Mix, Anda juga harus memperhatikan beberapa unsur yang sudah disebutkan di atas. Semoga bisnis Anda mudah memenangkan persaingan pasar dan membuat bisnis Anda semakin berkembang. Selamat mencoba dan semoga sukses.
Advertisement
 
close button
Back to top
Situs ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs kami Kebijakan Kami
Got It!